Membangun Istana di Surga

INVESTASI AKHIRATKU DENGAN BERSEDEKAH

Setiap yang bernyawa pasti akan mati. Namun, kita tidak pernah tau kapan dan di mana kita akan mati. Berkenaan dengan hal ini alangkah lebih baiknya kita menyiapkan bekal untuk perjalanan kita menuju alam-alam berikutnya. Sebagaimana kita menyiapkan  bekal ketika mau berpergian di dunia ini. Pada kesempatan ini saya tidak akanmenjelaskan hal ini, akan tetapi saya sedikit menyampaikan ada 3 perkara  amalan yang dibawa mati.

Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda : “ Apabila seseorang itu meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali dari tiga perkara, sedekah jariah, ilmu yang dimanfaatkan dan anak yang soleh mendo’akan untuknya.”
Perkara pertama yang disebutkan dalam hadits pertama ialah sedekah jariah yaitu sedekah yang berterusan dan kekalan manfaatnya untuk masyarakat umum. Semasa hidup di dunia dia melakukan amalan tertentu yang dia tetap memperolehi pahala walaipun dia telah meninggal dunia seperti  mendirikan masjid, sekolah dan menggali telaga. Begitu juga amalan-amalan lain yang yang terus menerus mendatangkan manfaat kepada orang lain seperti membina hospital, membina jembatan, mewakafkan buku-buku agama dan sebagainya.

“Kedermawanan adalah member lebih banyak daripada yang kau bisa dan kebanggaan mengambil kurang dari yang engkau butuhkan.”
Banyak orang beralasan untuk besedekah, banyak berbagai macam mereka lontarkan “ untuk makan aja pas-pasan gimana mau bangun masjid”
Walaupun hanya dalam niat kita untuk membangun masjid itu sudah mendapatkan pahala. Jika niat kita besar memikirkan umat yang lebih besar maka bantuan Allah akan lebih besar, jika kita hanya memikirkan perut kita dan keluarga saja maka Allah hanya akan memberikan bantuan segitu-gitu saja. Makanya Orang Islam harus berniat dan berikhtiar untuk kaya.

Kenapa kita harus kaya ?

Kaya menurut Ippho Santosa ialah produksi sebesar-besarnya, konsumsi sekedarnya, dan selisihnya distribusi seluas-luasnya. Bagi umat muslim harusnya produksi banyak, hasilnya banyak, prestasinya banyak, dan manfaatnya banyak, tetapi konsumsi sekedarnya.
Nabi Muhammad SAW kaya dan sahabat-sahabat nabi kaya, namun mereka hidup dalam kesederhanaan tetapi jika untuk umat harus besar.

Abdullah berkata Nabi SAW bersabda : “ Adakah diantara kalian yang lebih mencintai harta untuk ahli warisnya daripada hartanya sendiri?” Mereka (para sahabat) menjawab, ‘ Wahai Rasulullah, tidak ada seorangpun di antara kami kecuali lebih mencintai hartanya sendiri.’ Beliau bersanda, ‘Sesungguhnya hartanya yang sebenarnya adalah yang telah ia persembahkan (infakkan). Sedangkan harta untuk ahli warisnya adalah yang tidak ia infakkan”.(HR. Bukhori)

Banyak sekali keajaiban dalam sedekah, janganlah khawatir harta kalian berkurang jika engkau mengeluarkan harta untuk bersedekah. 
Diriwayatkan dari Abu Huroiroh r.a, dari Rosulullah SAW, beliau bersabda : “Harta tidak akan berkurang karena dishodaqohkan, Allah tidak akan menambah seorang hamba yang suka memaafkan kecuali kemuliaan. Dan tidaklah seseorang itu berlaku tawadhuk kepada Allah kecuali Alllah akn meninggikan derajatnya.” (HR. Muslim).

Adapun  sebaik-baiknya sedekah adalah dari orang yang sudah tidak membutuhkan (kaya). Sebagaimana hadits di bawah ini
Diriwayatkan dariAbu Huroiroh r.a, bahwa Rosulullah SAW bersabda : “Sebaik-baiknya shodaqah adalah dari orang yang benar-benar sudah tidak membutuhkan (kaya). Dan mulailah shodaqah itu dari orang yang menjadi tanggunganmu terlebih dahulu.”(HR. Bukhori dan Muslim).
Tangan di atas itu lebih baik daripada tangan di bawah. Mulailah Sedekah  dari yang menjadi tanggunganmu dan sebaik-baik sedekah adalah yang keluar dari orang yang kaya. Allah SWT telah berjanji akan melipat gandakan hartanya bagi  yang menafkahkan hartanya di jalan Alllah, dalam firman-Nya Q.S Al-Baqoroh ayat 245.

Kita harus sukses di Dunia untuk menggapai kesuksesan di Akhirat. Banyak sekali cara agar kita dapat mendapatkan kesuksesan di Akhirat. Beberapa cara tersebut akan saya post di halaman selanjutnya.
Jadi, harus baca halaman selanjutnya yaa.. 

Komentar

Postingan Populer